Dalam komunikasi pemasaran perlu dirumuskan tujuan yang ingin dicapai 
dari proses komunikasi pemasaran yang akan dilakukan. Setelah menentukan
 khalayak sasaran dengan persepsinya, pemasar harus memutuskan respon 
yang terjadi. Respon khalayak tersebut dapat berupa cognitive (tahap 
kesadaran), affective (tahap pengaruh), behavioral/conative (tahap 
tindakan pembelian).
Model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) adalah salah satu model
 hirarki respon yang cukup popular bagi pemasar sebagai pedoman dalam 
melaksanakan kegiatan pemasaran. Menurut model ini, alat promosi harus 
menarik perhatian, mendapatkan dan mendorong minat, membangkitkan 
keinginan, dan menghasilkan tindakan. Dalam membangun program komunikasi
 yang efektif, aspek terpenting adalah memahami proses terjadinya respon
 dari konsumen, misalnya dalam hal konsumen melakukan pembelian suatu 
produk, maka diperlukan pemahaman mengenai usaha promosi yang dapat 
mempengaruhi respon konsumen tersebut (Belch 1995:163 dalam Nurbenny 
2005:38).
Teori keputusan pembelian dalm model AIDA dijelaskan dalam empat tahap sebagai berikut :
• Tahap Menaruh Perhatian (Attention)
• Tahap Ketertarikan (Interest)
• Tahap Berhasrat/Berniat (Desire )
• Tahap Memutuskan untuk aksi beli (Action)
Teori AIDA (Tjetjep Djatnika,2007) yang mendalilkan bahwa pengambilan 
keputusan pembelian adalah suatu proses psikologis yang dilalui oleh 
Konsumen atau pembeli, prosesnya yang diawali dengan tahap menaruh 
perhatian (Attention) terhadap barang atau jasa yang kemudian jika 
berkesan dia akan melangkah ke tahap ketertarikan (Interest) untuk 
mengetahui lebih jauh tentang keistimewaan produk atau jasa tersebut 
yang jika intensitas ketertarikannya kuat berlanjut ke tahap 
berhasrat/berminat (Desire) karena barang atau jasa yang ditawarkan 
sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan-nya. Jika hasrat dan minatnya begitu 
kuat baik karena dorongan dari dalam atau rangsangan persuasif dari luar
 maka konsumen atau pembeli tersebut akan mengambil keputusan membeli 
(Action to buy) barang atau jasa yang di tawarkan.
Sumber:
No comments:
Post a Comment